SATUAN
LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
1.
|
Topik Permasalahan/Bahasan
|
:
|
PMDK dan SPMB / SNMPTN
|
2.
|
Bidang Bimbingan
|
:
|
Karir
|
3.
|
Jenis Layanan
|
:
|
Layanan Informasi
|
4.
|
Fungsi Layanan
|
:
|
Pemahaman
|
5.
|
Rumusan Kompetensi
|
:
|
Siswa memiliki gambaran yang jelas tentang PMDK dan
SPMB / SNMPTN
|
6.
|
Tujuan Layanan
|
:
|
a.Siswa
memahami berbagai hal yang berhubungan dengan PMDK / SPMB / SNMPTN
b. Siswa dapat
memilih perguruan tinggi yang tepat
melalui
jalur PMDK/SPMB/SNMPTN
|
7.
|
Sasaran Layanan
|
:
|
Siswa kelas XII
|
8.
|
Semester/Tahun
|
:
|
Genap / 2009 – 2010
|
9.
|
Waktu
|
:
|
2 x 45 menit (2 jam pelajaran)
|
10.
|
Kegiatan
|
:
|
|
|
1) Strategi Layanan
|
:
|
a. Klasikal (ceramah, tanya
jawab ).
b. Kelompok (diskusi /
kerja kelompok )
c.
Individual ( tugas individual).
|
|
2) Materi Layanan
|
:
|
a. Pengantar materi layanan
b. Maksud dan tujuan PMDK
c. SPMB / Ujian Lokal
d. SNMPTN
e. Persyaratan khusus PMDK/SPMB/SNMPTN
f.
Strategi khusus masuk PT
|
11.
|
Tempat Penyelenggaraan
|
:
|
Ruang kelas.
|
12.
|
Penyelenggara Layanan
|
:
|
Guru Pembimbing / Konselor
Sekolah
|
13.
|
Pihak Yang Disertakan
|
:
|
Guru dan Wali kelas
|
14.
|
Sumber Belajar
|
:
|
1. Buku panduan tentang PT.
2. Brosur / Info khusus dari PT
|
15.
|
Rencana Penilaian
|
:
|
|
|
1) Penilaian Segera
|
:
|
Keaktifan dan antusiasme siswa
dalam mengikuti kegiatan.
|
|
2) Penilaian Jangka Pendek
|
:
|
Pemahaman siswa terhadap materi
layanan.
|
|
3) Penilaian Jangka Panjang
|
:
|
Ketepatan siswa dalam menentukan
pilihan jurusan dan
jalur masuk pada perguruan
tinggi
|
16.
|
Rencana Tindak Lanjut
|
:
|
a.
Pemantauan secara terus menerus terhadap siswa dalam
menentukan pilihan perguruan tinggi
b. Konseling bagi siswa yang memerlukan layanan.
|
17.
|
Catatan Khusus
|
:
|
Materi ini diberikan sesuai dengan kebutuhan siswa
|
Banjarnegara, ..................................................
Mengetahui :
Kepala
Sekolah Guru
Pembimbing
................................................. ....................................................
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk " "
Post a Comment